Berpola Kotak-kotak


Berpola Kotak-kotak

Selama menapaki lingkungan sosial 23 tahun kebelakang, terutama beberapa tahun belakangan ini yang banyak didominasi sama interaksi sosial di internet, sering banget nemu orang mengkotak-kotakkan manusia lainnya berdasarkan suatu hal, terutama karakteristiknya. Contohnya: Cowok pasti begini, cewek pasti begitu; Kristen itu jahat, Islam itu baik; Orang kaya itu pasti manja, orang miskin itu pasti terbiasa mandiri; Orang kota liberal, orang desa konservatif; Orang yang suka pink pasti feminin, orang yang suka item pasti maskulin; dsbg.

I know grouping characteristic of people is simplified your process on learning someone's character when you need that ‘character information’ to know the background of someone's action/opinion on social interaction, but you can't always be like that. Karena itu mempengaruhi cara kamu dapetin kesimpulan dan solusi dari sesuatu, dan bisa jadi kesimpulan dan solusi yang kamu dapetin itu salah karena terbatasnya pikiran kamu.

Contohnya, kamu punya tetangga yang kamu tau dia itu laki-laki, single, dan dateng ngerantau dari tempat asalnya di Indonesia timur. di sini dia sibuk kerja sendirian, jadi jarang banget interaksi sama tetangganya. Terus, beberapa waktu lalu kamu nonton berita ada kerusuhan di deket daerah kamu yang mana disebabin sama kelompok perantau dari indonesia timur dan emang udah berapa kali kejadiannya keulang-ulang. Karena kamu manusia yang nalurinya cenderung pengen aman, kamu jadi was-was dan jaga jarak dari tetanggamu yang itu. Lebih jeleknya lagi, kamu juga ngasih tau strategi keamanan kamu ke orang lain, jadi orang lain ikut-ikutan jaga jarak dari dia. Nah, sekarang kamu dan orang-orang lainnya jadi sama-sama beranggapan kalo tetanggamu yang itu sama-sama punya sifat yang keras kaya perusuh di tv (cuma karena asal daerahnya sama dengan orang yang rusuh), anti-sosial (cuma karena nggak ada waktu buat ikutan touring atau main catur malem-malem), dan susah dapet jodoh karena sifat keras & anti-sosialnya itu.

Padahal, belum tentu kaya gitu. Bisa aja dia emang sesibuk itu sampe terlalu capek buat basa basi ke tetangga, atau bisa aja emang orangnya pemalu (yang mungkin dalam pikiran masyarakat banyak tuh orang timur kebanyakan berani-berani orangnya. jauh dari kata pemalu. padahal orang timur juga beragam sifatnya) cuma karena kamu udah terlanjur ngotak-ngotakin orang, dan dia udah kamu masukin ke kotak ‘Indonesia timur, keras’ cuma karena satu peristiwa yang terjadi di daerah lain dan waktu yang lain.

Sekarang, tetangga yang gatau apa-apa itu bakal semakin takut buat ngumpul sama tetangga karena tetangga keliatan semakin jaga jarak dari dia. Jatohnya jadi diskriminasi berdasarkan cocokologi beberapa informasi yang kamu dapetin secara cuma-cuma tanpa pernah interaksi banyak sama orangnya. Ya... wajar sih. itu konsekuensi orang itu yang jarang usaha interaksi. Kita jadi cuman bisa ngolah informasi yang ada aja deh. Wajar kalo kita jadi punya prasangka (baik atau buruk. Ini bukan lagi normalisasi suudzon ya, tapi kalo sekelebat mah pasti manusia pernah kan?), cuma salahnya itu kalo prasangka itu kita seriusin dan bahkan kita sebarin ke orang lain. Jatohnya jadi nyugesti pikiran orang.

Bisa kan kita kalo punya prasangka jelek itu disimpen aja? Sejago-jagonya kamu baca karakter orang, kalo kamu sendiri belum banyak interaksi sama dia, berarti belum valid dong prasangka itu? Menurutku malah kalo udah banyak interaksi pun kita gabisa tau 100% karakter orang, karena orang tuh berubah tergantung kondisi yang lagi dia hadepin. Bisa jadi dia sekarang begini karena kondisinya lagi jelek, jadi dia gamampu buat punya karakter yang sebagus pas dia lagi kondisinya gakenapa-napa.

Contohnya kaya yang tadi tetangga itu, kan kita gatau dia kondisinya kaya gimana. Kita gatau apakah dia justru pengen ikutan ngumpul tapi udah pengalaman dapet diskriminasi selama di kota, jadi dia sekarang lebih hati-hati buat punya hubungan sama orang di kota, dan karena nalurinya yang mau jauh-jauh dari diskriminasi yang dilakuin orang lain, jadi dia malah jadi tertutup. Kayak “no face no case” gitu. Sekali lagi..."bisa jadi".

Terlalu banyak "bisa jadi" yang bisa keluar dari pikiran kita tentang orang lain kalo emang kita mau terbuka akan segala kemungkinan yang ada. Itu gapapa, justru wajar, karena kita udah cukup usaha buat baca karakteristik orang, tanpa bener-bener netepin ke salah satu kemungkinannya. Ibaratnya masih jadi pilihan ganda yang belum kita silang. At least, kita udah berusaha ngenal. Asal jangan sampe ngeluarin kata "pasti dia begini..." aja, karena manusia itu unik, gaada yang sama. Sesama-samanya karakter orang dengan orang lainnya pun, misi dan latar di hidupnya tuh beda. Ibarat game, kita punya profil masing-masing. bisa punya emot yang sama bukan berarti di game itu kita ngeluarin emot di waktu yang sama kaya orang lain. Kecuali bot yang emang udah diprogram responnya. Manusia itu terlalu dinamis. Manusia punya karakter yang lahir dari kombinasi banyak hal di dunia. Jangan sampe pikiran kita bias cuma karena kita kurang tau cara kerja kombinasi ini, atau kurang tau banyak referensi manusia yang beda-beda.

Kalo pikiran biasnya cuma di sekitar kepala sendiri, masih gapapa. Tapi kalo kamu jadi orang penting, yang punya peran bikin keputusan penting, itu jangan sampe punya pikiran bias, bahaya. Contohnya kalo kamu jadi diplomat yang banyak kerja ngadepin dinamisnya keadaan internasional, yang isinya tuh gosip-gosip internasional, yang susah buat dicek faktanya secara gamblang karena emang keterbatasan akses informasi antar negara. Gimana kalo kamu masih punya kebiasaan ngotak-ngotakin karakteristik orang/daerah/lembaga/negara berdasarkan sesuatu, dan kamu kurang objektif, atau bahkan kebetulan ini ranahnya lagi yang emang pake penilaian subjektif. Bisa-bisa ga bijak keputusannya.

Contoh lainnya tentang pengkotak-kotakan ini, kali ini yang cukup deket sama keseharian kita. Aku pernah liat orang ngomong kalo orang kaya tuh sukses secara materi tapi secara keluarga engga, dan orang miskin walaupun ga punya materi, keluarganya harmonis. Duh.. kotak-kotak yang terlalu sbkweogbskqiagsvdkaks.

Kata siapa orang miskin cenderung berkeluarga harmonis dan jauh dari masalah keluarga? Apa yang membuat orang miskin sekebal itu dari cekcok rumah tangga dan kegagalan mendidik anak? Pernah ga liat anggota keluarga saling salah-salahan, saling ngatain "beban keluarga" karena dianggep ga bantu secara ekonomi? Pernah ga liat pasangan suami istri yang ributnya sering berakar dari masalah ekonomi? Pernah ga liat suami/istri selingkuh/minta dicerein karena cari yang lebih mapan? Pernah ga liat anak yang jadi bandel karena keluarga ini cuma bisa nyewa tempat hidup di lingkungan yang berantakan dan rawan kriminal? Jadi... kalo yang bermateri aja masih ga terhindar dari masalah keluarga/keluarga yang ga harmonis, kenapa orang miskin seakan-akan lebih bisa harmonis? Gimana mau harmonis kalo tantangan hidupnya nambah di segi lain juga, alias segi materi? Harus semental baja itukah orang miskin? Orang miskin kalo baca tulisan "Orang kaya tuh sukses secara materi tapi secara keluarga engga, dan orang miskin walaupun ga punya materi, keluarganya harmonis" tuh mungkin bakal marah wkwk. Penyebutan "miskin" & "kaya" juga rasanya terlalu gimana gitu. Gaenak nulisnya huhu

(Aduh mau nulis apa lagi ya tadi, tiba-tiba blank wkwk lanjut nanti deh kalo udah kepikiran lagi. Gantung ni tulisan)

Comments